Kamis, 12 Mei 2016

Kumpulan Pantun Humor Terbaru

Seperti yang telah diketahui, bangsa Indonesia sangat kaya akan warisan budaya dan pemikiran dari cendekiawan dan sastrawan masa lalu. Warisan ini dapat kita lihat dari karya sastra dalam bentuk Pantun Humor yang ikut memperkaya keragaman ilmu bahasa yang dinikmati generasi masa kini. Pantun sendiri menurut sejarahnya berasal dari bahasa mingkabau yaitu “patuntun” yang memiliki arti penuntun. Sedangkan dalam bahasa jawa, pantun dikenal dengan istilah parikan. Dalam bidang sastra sendiri, pantun ini adalah suatu warisan yang dimanfaatkan sebagai salah satu cara yang indah untuk menyampaikan pesan secara verbal. Pantun sendiri adalah termasuk jenis puisi lama yang memiliki sejumlah pola dan aturan tertentu dalam pembuatannya.

Dalam kehidupan sehari-hari, pantun berperan sebagai alat pemelihara bahasa, dan juga sebagai penjaga fungsi kata dan kemampuan menjaga alur berfikir. Pantun melatih seseorang berfikir tentang makna kata sebelum berujar. Secara sosial pantun memiliki fungsi pergaulan yang kuat, bahkan hingga sekarang. Di kalangan pemuda sekarang, kemampuan berpantun biasanya dihargai. Pantun menunjukkan kecepatan seseorang dalam berfikir dan bermain-main dengan kata.

Walaupun saat ini pemakaian karya sastra pantun sangat jarang dan kehilangan kepopuleran di kalangan generasi muda, namun pantun akan selalu hidup dan terpelihara sebagai suatu bagian penting sebagai warisan indonesia, apalagi Pantun Humor juga diajarkan dalam kurikulum pendidikan. Pada dasarnya ada banyak dan sangat beragam macam-macam pantun seperti pantun lucu, pantun adat, pantun religi, pantun cinta romantis, pantun nasehat dan sebagainya serta ada pula pantun yang didasarkan pada jumlah larik dan yang didasarkan pada jenis pesan yang hendak disampaikan.

Ada cacing makan ikan
udeh kenyang renang ke tangki
Mau tau yang melelahkan
pergi ke Bandung berjalan kaki

Orang Sasak pergi ke Bali
Membawa pelita semuanya
Berbisik pekak dengan tuli
Tertawa si buta melihatnya

kalau beringin patah didahan
potong saja biar tak kotor,
kalau dingin tiada tertahan,
nongkrong saja diatas kompor

Jalan-jalan ke rawa-rawa
Jika capai duduk di pohon palem
Geli hati menahan tawa
Melihat katak memakai helm

Pohon ara dibuat gubuk
pasang pasak biar tegak
resiko asamara dunia facebook
cinta ditolak blokir bertindak

Buat apa panen kelapa
jika belum tumbuh tuntas
buat apa membeli vespa
jika cicilan termos belum terbayar lunas

Hari minggu sudahlah siang
setelah siang menuju petang
ditungu-tunggu tak juga datang
sekali datang menagih utang

Hujan Turun Rintik-rintik
duduk santai di teras rumah
kalau ingin punya cewek cantik
syaratnya mobil dan rumah mewah

Bunga Mawar Tangkai Berduri
laris manis pedang cendol
aku tersenyum malu sekali
ingat dulu suka mengompol

Pergi ke hutan mencari jerapah
Jangan lupa membawa palu
sekali lagi lu bilang ciyus miapah
gue tabokin pala lu

Di kutub banyak es,
di neraka banyak setan.
Baju superman bertuliskan S,
Kalau XL pasti kebesaran

Pantun Lucu Banget Gokil. Tahukah Anda apa itu Pantun? Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang sudah tidak asing lagi dimasyarakat kita. Banyak terdapat jenis-jenis pantun, seperti: Pantun Jenaka, Pantun nasehat, pantun lucu, Pantun Humor kocak maupun pantun agama. Di bawah ini adalah beberapa contoh pantun jenaka, pantun lucu banget. Koleksi pantun jenaka kocak abizzzz ini mudah-mudahan dapat menghibur Anda semua. Karena ini pantun bener-bener lucu, dan bahkan ada juga yang ga nyambung. Ok langsung saja, inilah Koleksi Pantun Lucu Jenaka Kocak Abis terbaru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar